Salam

SELAMAT DATANG DI BLOG TIMBUL MUJIONO ENTREPRENEUR SANG PETUALANG

Senin, 10 Juni 2013

Perjalanan Kereta Api Binuang (Padang - Pariaman - Padang)

Pagi Itu tanggal 10 Juni 2013 perjalanan singkat menuju padang pariaman yang merupakan salah satu kota di daerah sumatera barat. perjalanan ini diawali saya berniat mengantarkan rekan saya abdul dan chandra, mereka berdua akan pulang kampung.

Abdul merupakan teman saya yang baru saya kenal beberapa bulan di kota Padang. Dia merupakan siswa yang sedang melaksanakan pelatihan di sebuah pusat pelatihan Bahasa Jepang dikarenakan dia ingin mengikuti magang di Jepang yang diadakan oleh dinas sosial dan transmigrasi. sedangkan candra dia teman saya yang baru beberapa tahun saya kenal, karena kami tinggal bersama satu kontrakan di daerah pasar baru. mereka berdua merupakan orang pariaman.

Perjalanan itu diawali pagi hari yaitu sepulang saya dari tempat kerja saya langsung pulang dan ketika itu menunjukan pukul 05.00 subuh. kita mengendari sebuah sepeda motor mio warna kuning emas yang selalu setia mengantarkan saya ketempat yang saya tuju.

Sesampai di kontrakan kira-kira jam 05.15 kamipun melaksanakan kegiatan rutinitas di pagi hari. setelah menggosok gigi dan berwudhu sehingga kita melaksanakan shalat subuh. kemudian sayapun mempersiapkan diri untuk mengantar mereka berdua ke stasiun kereta api di simpang baru Padang. kami menggunakan satu motor dan berboncengan tarik tiga. kamipun sampai stasiun sektira jam 05.55 pagi. merekapun membeli tiket untuk dua orang dan abdulpun mengajak saya untuk sarapan lontong di stasiun tersebut, namun walhasil kedai lontong belum buka.

Terlintas dalam pandangan saya untuk bertanya kepada abdul tentang jadwal kereta berangkat ternyata di pariaman ke padang kereta akan berangkat jam sembilan, jadi sayapun ingin ke pariaman dan pulang kepadang jam sembilan, sekalian melepas teragak telah ama tidak menaiki kereta api.

Akhirya saya membeli tiket seharga Rp 2,500.-/orang. akhirnya saya memutuskan pergi ke pariaman dan pulang ke pdang dengan kereta jam 09.00. kemudian saya memarkir kendaraan di stasiun tersebut.
kamipun berangkat naik kereta masuk dalam gerbong 3 dan kami duduk bertiga sembari bersenda gurau dan melihat pemandangan serta menikmati goyangan kereta yang santai dan beraturan yang membuat saya ngantuk saat itu. akhirnya sayapun tertidur

Perjalanan kereta pagi itu memakan waktu lebih kurang 1 jam 35 menit, kami berangkat dari Stasiun KA Simpang Haru - Padang pukul 06:10 WIB dan sampai stasiun Pantai Gandoriah - Pariaman jam 07:45 WIB. sesampainya kita di stasiun pariaman kitapun menunggu Abdul mengambil sepeda motornya untuk menjemput kita. kita menunggu jemputan sekitar 10 menit.

Tidak lama kemudian Abdul datang dengan kendaraan Vega R, dan kamipun menuju rumah Abdul, sebelum ke rumah Abdul saya membeli tiket Kereta untuk pulang nanti dan kereta berangkat jam 08:50 Wib. sayapun menuju rumah Abdul.

Sampai rumah Abdul saya di kenalkan dengan Nenek, Kemenakan, Kakak dan Ibunya. kebetulan saat itu mama abdul sedang membuat membuat Sala Lauk yang menjadi makanan khas kota pariaman. dan kamipun di jamu dengan sepiring lontong, segelas susu, sepotong roti, dan sebungkus kacang pilus. saya merasa sangat terhormati oleh sajian Keluarga Abdul yang Ramah Tamah.

Kamipun bercerita-cerita dengan Ibunda abdul yang sedang membuat Sala Lauk dan bercerita tentang pengalaman Abdul yang telah merantau sampai ke tanah jawa. akhirnya tidak kami sadari waktu telah menunjukan jam 08:30 Wib, akhirnya sayapun berpamitan menuju padang kepada keluarga Abdul.
sayapun diantar dengan abdul dan diberikan oleh-oleh sekantong sala lauk untuk teman-teman kami di kontrakan. sayapun meuju stasiun menggunakan ojek dan ongkosnya hanya 2000 rupiah.

Sesampai stasiun saya langsung menuju kereta api dan mencari tempat duduk di dalam gerbong, namun setelah saya lihat sampai gerbong terakhir ternyata kursi sudah berisi dan sayapun turun gerbong dan membeli minuman.

Setelah membeli minuman sayapun menuju gerbong pertama dan ternyata ada satu kursi yang kosong, sayapun duduk disana, tak lama kemudain keretapun berangkat pukul 08:50 Wib, saya duduk di tepi jendela sembari melihat pemandangan dan kegiatan masyarakat dipagi itu.

Sayapun duduk ditemani oleh seorang pekerja kereta api yang telah berumur, bercerita tentang kegiatannya dan diapun bercerita dengan bapak-bapak yang berada di sudut jendela. saya hanya menjadi pendengar yang baik.

Akhirnya sampai saya di tempat tujuan saya di Stasiun Kereta Api Simpang Haru Padang pada pukul 09:30 Wib..

Perjalanan Ini menjadi Pengalaman yang Indah dengan keluarga Abdul yang Ramah....